by

CONMEBOL Desak FIFA Tunda Kualifikasi Piala Dunia 2022 ke September

Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) mengusulkan kepada FIFA untuk menunda Kualifikasi Piala Dunia 2022. Matchday pertama seharusnya digelar pada 26 Maret 2020, tetapi diusulkan untuk ditunda hingga September mendatang akibat wabah virus Corona Covid-19.

Sejumlah ajang olahraga ikut-ikutan terdampak dari pandemi virus Corona Covid-19 termasuk sepakbola. Berbagai liga di Eropa dan Asia, terpaksa ditunda akibat korban yang terus berjatuhan. Penundaan kini merembet ke ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sebelumnya, Federasi Sepakbola Asia (AFC) sudah menunda semua laga babak dua kualifikasi hingga September dan Oktober. Hal serupa kini coba ditempuh oleh CONMEBOL. Badan yang bermarkas di Luque, Paraguay, itu mengusulkan agar Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan ditunda ke September 2020.

“Dengan melakukan hal itu, konfederasi memastikan semua tindakan pencegahan dilakukan guna menangkal penyebaran secara regional dan global dari virus tersebut, sesuai dengan rekomendasi dari Badan Kesehatan Internasional (WHO),” bunyi pernyataan resmi CONMEBOL, Jumat (20/3/2020).

Berbeda dengan konfederasi lain, format Kualifikasi Piala Dunia di zona Amerika Selatan menggunakan kompetisi penuh yang diikuti 10 tim dengan sistem round-robin. Empat tim berperingkat terbaik akan langsung lolos ke fase grup, sementara penghuni peringkat lima menjalani play-off.

Pada partai pembuka, Tim Nasional (Timnas) Brasil sedianya akan menjamu Bolivia, sementara Argentina kedatangan Ekuador. Laga-laga tersebut akan ditunda, seturut dengan kebijakan CONMEBOL yang juga sudah memundurkan pelaksanaan Copa America 2020 ke 11 Juni hingga 11 Juli 2021.

Comment

Leave a Reply

News Feed