by

Laga Atalanta vs Valencia Picu Pandemi Virus Corona di Bergamo

Laga Leg I 16 Besar Liga Champions 2019-2020 antara Atalanta vs Valencia pada 20 Februari lalu dituding sebagai pemicu pandemi virus Corona Covid-19 di Kota Bergamo. Sebab, sebulan setelah laga bersejarah tersebut, tingkat kematian di Kota Bergamo melonjak drastis.

Sedikitnya 40 ribu orang rela menyambangi Kota Milan untuk menyaksikan laga antara Atalanta vs Valencia. Pertandingan terpaksa digelar di Stadion San Siro karena markas La Dea di Atleti Azzurri D’Italia belum memenuhi standar UEFA untuk Liga Champions.

Lombardia hingga berita ini diturunkan, menjadi wilayah terparah dalam pandemi virus Corona Covid-19. Khusus untuk Kota Bergamo, sedikitnya 533 orang tewas sehingga krematorium kewalahan meladeni permintaan kremasi dari keluarga yang ditinggalkan.

Ahli Imunologi (kekebalan tubuh), Francesco Le Foche, menduga laga Atalanta vs Valencia menjadi pemicu wabah pandemi di Kota Bergamo. Euforia yang melanda suporter tuan rumah disinyalir turut menyumbang penyebaran virus Corona Covid-19.

“Ada beberapa pemicu dan katalis dari penyebaran virus ini. Laga Atalanta vs Valencia mungkin salah satunya. Itu adalah euforia kolektif dari musim sepakbola yang unik bagi klub,” ujar Francesco Le Foche, Jumat (20/3/2020).

“Sebulan sudah berlalu sejak laga itu, jadi timing-nya cukup bertepatan. Ribuan orang berkumpul, hanya berjarak sentimeter (cm) satu sama lain, saling berpelukan, berteriak, semua tindakan yang mendukung penyebaran wabah virus tersebut,” pungkas pria berkebangsaan Italia tersebut.

Comment

Leave a Reply

News Feed